logo blog

PD IPM Magelang Outbond dan Kemah Ceria di Waduk Sempor Kebumen

PD IPM Magelang Outbond dan Kemah Ceria di Waduk Sempor Kebumen



PD IPM Magelang Mengikuti Acara ToT Outbond dan Kemah Ceria

Bersama-sama Makan Malam di Pendopo


Magelang_Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Magelang mengikuti kegiatan Training of Trainer (ToT) Outbond dan Kemah Ceria di Kebumen, Jum’at-Ahad (20-22/01). Sebanyak dua (2) regu yang terdiri dari 16 orang berangkat pada Jum’at pukul 13.30 WIB menggunakan bus Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). Ada pun lokasi kegiatan adalah di Waduk Sempor dengan PD IPM Kabupaten Kebumen sebagai tuan rumah.
Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan yang merupakan program kerja (proker) dari bidang Aspirasi Seni Budaya dan Olahraga (ASBO) Pimpinan Wilayah (PW) IPM Jawa Tengah ini. Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian acara gebyar Musyawarah Wilayah (Musywil), yaitu musyawarah IPM tertinggi tingkat wilayah di Jawa Tengah. Acara yang bertema ‘Membangun Karakter Pelajar Jawa Tengah Berkemajuan Cinta Lingkungan dan Berbudaya’ dikonsep dalam acara kemah.
“Acara ini memang proker dari bidang ASBO PW, sekaligus salah ssatu rangkaian acara Musywil besok Maret di  Kabupaten Kendal. Rencananya akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Kabupaten Magelang mengirim sebanyak dua regu yang terdiri dari 16 anak,” ujar Ketua Umum PD IPM Kabupaten Magelang, Taufiq al-Muhajirin.
Acara ini untuk memfasilitasi atau mentraining para trainer outbond agar ke depannya bisa menjadi motor penggerak outbond di daerahnya masing-masing. Dengan mengangkat budaya ekologi yang diusung di Muktamar, yaitu musyawarah tertinggi IPM, kemah ini mengutamakan pemanfaatan lingkungan dengan sebaik mungkin. Background lain acara ini adalah karena selama ini, banyak orang yag masih menganggap outbond sebagai suatu kegiatan yang remeh dan hanya sekedar untuk bersenang-senang. Padahal, makna dari outbond lebih dari sekedar itu. Outbond bisa menjadi metode pembelajaran yang efektif yang ceria di alam terbuka. Outbond bisa menjadi sarana untuk mengenalkan alam kepada peserta. Akan sangat menyenangkan apabila bisa berpetualang, belajar, dan bersahabat dengan alam sekaligus. Rasa senang itulah yang akan mendukung pembelajaran.
“Selama ini kan, outbond masih dianggap remeh oleh banyak orang, padahal outbond merupakan salah satu metode pembelajaran yang ceria di alam terbuka. Sehingga bidang ASBO berinisiatif untuk mengadakan pelatihan untuk para trainer outbond. Setidaknya para peserta nantinya bisa belajar tentang salah satu metode pembelajaran yang efektif. Kabupaten Magelang sendiri harapannya bisa memiliki seorang trainer outbond yang mumpuni dan bisa menangani acara-acara outbond di Magelang, khususnya untuk outbond IPM,” jelas Taufiq al-Muhajirin saat ditemui wartawan Kreasi.
Faridah Wahyuning Tyas, ketua bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) PD IPM Kabupaten Magelang, mengaku senang mengikuti acara ini. Meski sudah pernah kemari sebelumnya, kali ini terasa berbeda, karena bisa datang bersama teman-teman IPM sekaligus kemah dan outbond.
“Senang banget rasanya. Bisa kemah  di alam terbuka seperti ini. Selain untuk refresing, juga bisa bersahabat dengan alam. Semoga ke depan ada  acara seperti ini lagi yang lebih seru dan menantang,”ujar Tyas dengan tersenyum.(Chl)
Ipmawati Nida
Ipmawati Marina Melani
Makan bersama di pendopo
Menikmati makan seraya bernostalgia
Berhenti makan untuk ngeksis dulu
Foto bertiga di depan banner kegiatan
Ipmawan Lafif

Share this:

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Copyright © 2015. PD IPM KAB. MAGELANG - All Rights Reserved
Jalan Magelang Jogja KM.22BabrikParemonoMagelang